USAHA PEMBELAAN NEGARA

Untuk mencapai kemerdekaan , bangsa Indonesia harus mengalami perjuangan yang amat panjang dan luar biasa beratnya. Paling sedikit tiga setengah abad lamanya bangsa Indonesia berjuang untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, dengan korban yang luar biasanya banyaknya.
                Perjuangan yang gigih dan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang telah mengantarkan kita menjadi bangsa yang merdeka. Kemerdekaan yang telah kita milkiki harus dijaga dan dipertahankan, jika tidak ingin dijajah kembali. Untuk menjaga itu semua, diperlukan pembelaan negara dan usaha usaha kita sebagai warga indonesia.
Ada beberapa upaya bela negara nih guys, untuk menjaga kemerdekaan kita dari ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) dalam kehidupan bernegara. Bukan penjajah yang harus kita lawan saja, lawan dulu ‘musuh-musuh’ dari tubuh negara kita yang tercinta ini. Nih upaya yang harus kita usahakan bersama-sama:
1.       Upaya bela negara terhadap ancaman militer
Terhadap ancaman militer yang mengancam keselamatan, keutuhan, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara Republik Indonesia, maka kita seluruh warga Negara Indonesia harus bersatu padu untuk membantu TNI melawan ‘mereka’. Hemm kayaknya perlu juga yah Indonesia memberlakukan WAJIB MILITER. Gimana guys setuju gak ?

2.       Upaya bela negara terhadap ancaman penyalahgunaan narkotika / obat-obatan terlarang
Ini nih salah satu penyebab rusaknya moral bangsa. Narkoba/narkotika atau apapun deh, itu sangat merusak generasi muda. Siapa lagi yang akan memimpin negara kita nanti kalau moral bangsa di nodai oleh narkoba. Makanya jangan Cuma SAY NO TO DRUGS ajah guys, tapi hayooo mari kita usahakan mensosialisasikan bahayanya narkoba.

3.       Upaya bela negara terhadap ancaman KKN
Ini nih salah satu PERUSAK kelangsungan hidup bernegara kita. KORUPTOR!!!! .Kasus korupsi sepertinya tidak asing lagi kita dengar yang telah menodai kenegaraan .Ancaman besar bagi perekonomian negara, atau bahkan merusak moral dan mental bangsa. Gimana nggak, mereka telah meraup keuntungan untuk diri sendiri, yang seharusnya menjadi hak untuk warga negara kita. Kayaknya Indonesia juga perlu tuh memberlakukan hukuman mati untuk para koruptor biar pada jera kayak negara nun jauh disana..heemmmm

4.       Upaya negara terhadap ancaman perusakan lingkungan
Antara manusia dengan lingkungan merupaka dua hal yang saling berhubungan, berkaitan, dan saling pengaruh-mempengaruhi. Lihat sekarang kan guys? Gimana cuaca ekstrim sedang melanda karena global warming, dan ini semua disebabkan perilaku manusia yang tidak peka terhadap lingkungan, tetep ajah melakukan penebangan hutan yang ilegal dan masih banyak lagi penyebab yang telah dilakukan kita terhadap lingkungan kita.

5.       Upaya bela negara terhadap ancaman kemiskinan
Inget gak guys salah satu tujuan negara yang terdapat di pembukaan UUD 1945. Yap memajukan kesejahteraan umum. Itulash sebabnya pemerintah harus berusaha sekuat tenaga untuk memberantas kemiskinan di negeri kita (hmm tp kenyataannya liat sendiri kan guys? Para ‘penguasa’ mementingkan diri mereka sendiri). Kemiskinan terus melanda negara kita. yang KAYA tambah KAYA yang TERTINDAS tambah SENGSARA, sungguh memprihatinkan.

6.       Upaya bela negara terhadap kebodohan
Bangsa yang BODOH akan mudah dipermainkan dan diombang-ambing oleh bangsa yang pintar(maju). Oleh karena itu kita harus memberantas kebodohan. Makanya guys terus belajar dan belajar. Jangan malu untuk tetap belajar, bukan hanya disekolah atau lembaga pendidikan , bisa saja di lingkungan sekitar kita.

7.       Upaya bela negara terhadap ancaman lunturnya persatuan dan kesatuan bangsa
Lunturnya persatuan dan kesatuan jelas akan mengancam keutuhan dan keselamatan bangsa dan negaranya. Tentu kalian tahu betapa modal utama bangsa kita untuk merebut kemerdekaan, yaitu PERSATUAN dan KESATUAN. Kalo nggak ada lagi rasa persatuan dan kesatuan kita, mudah ajah kita diombang-ambing negara lain yang ingin merebut kembali negara kita yang sesungguhnya lebih ‘kaya’ dari bangsa manapun.

8.       Upaya bela negara terhadap ancaman budaya asing yang negatif
Yap globalisasi . globalisasi sangat perlu untuk meningkatan SDM kita juga. Namun globalisasi yang positif yah guys, bukan globalisasi negatif yang dapat merusak moral bangsa. Jangan sampai globalisasi merusak kecintaan kita terhadap negara kita ini. Budaya asing pun tidak dapat dihindari yang telah mempengaruhi budaya kita. Pola budaya asing yang negatif dapat merusak keutuhan kita sebagai satu bangsa.

9.       Upaya bela negara untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia
Indonesia sudah mulai diakui dimata dunia nih guys, banyak generasi kita yang telah maju ke kancah dunia untuk ikut serta dalam berbagai bidang, misalnya IPTEK, olahraga, festival film.

0 komentar:

Poskan Komentar

Buka buku tamu